BEDAH MOBIL NEW MAZDA CX-3
Pada ajang Los Angeles Motor Show 2014, akhirnya Mazda membuka kejutan
terakhirnya di akhir tahun ini dengan meluncurkan Mazda CX-3 terbaru.
Pendatang baru dalam keluarga Crossover Mazda ini disebut-sebut sebagai
pesaing terberat untuk Nissan Juke dan Peugeot 2008.
Selain itu, CX-3 juga diharapkan menjadi model awal dari perkembangan Mazda ke tahap selanjutnya. Crossover kompak ini mengikuti peluncuran roadster sport terbaru dari Mazda, MX-5 Miata sekaligus untuk mengisi kekosongan pada keluarga SUV Mazda di bawah CX-5 yang penjualannya cukup stabil.
Masih menerapkan bahasa desain ‘KODO’ yang dinamis, crossover kompak ini menampilkan desain kap mesin dan lampu utama LED yang tajam dan bagian atap yang melandai membuatnya tampak seperti sebuah coupe.
Dengan dimensi panjang 4.275 mm dan jarak poros roda 2.750 mm, berarti ia 40 mm lebih panjang dari Nissan Juke. Dipastikan ada lebih banyak ruang untuk pengemudi maupun penumpang di belakang. Namun ia memiliki ground clearance sedikit lebih rendah dari Juke yakni 1.550 mm.
Ketiga mesin itu dapat dikombinasikan dengan dua pilihan transmisi, 6-percepatan manual dan otomatis. Di lain sisi, diperkenalkan pula teknologi penggerak semua roda dengan fitur kontrol torsi aktif pada CX-3 terbaru ini. Teknologi ini pertama kali digunakan di CX-5 yang dapat memonitor slip pada roda depan dan mentransfer tenaga dengan merata ke semua roda untuk memaksimalkan traksi. Pada suspensi dan pengendalian pun tidak luput dari pembenahan untuk meningkatkan respons mobil dan kenyamanan.
CX-3 ini juga sudah menggunakan teknologi sasis SkyActiv, dan selain menjadi lebih ringan, konstruksi ini juga sangat aman bagi pengendara. Sekitar 63 persen bagian mobil dibuat dari baja berkekuatan tinggi dan 29 persen dari baja berkekuatan sangat tinggi. Bodinya didesain untuk menyerap tenaga sebanyak mungkin saat terjadi kecelakaan. Begitu juga dengan sandaran tangan pengendara yang didesain khusus untuk mencegah cedera fatal pada pengendaranya.
Untuk mengakomodasi kebutuhan berkendara, Mazda memberikan pilihan
mesin terbaru dengan tenaga 104 dk berkapasitas 1.500 cc SkyActiv-D
diesel dan versi mesin bensin 2.000 cc SkyActiv-G yang menghasilkan
tenaga 118 dk dan 140 dk. Selain itu, dipamerkan juga varian mesin 2.500
cc SkyActiv-G yang diklaim dapat menghasilkan tenaga 300 dk.Selain itu, CX-3 juga diharapkan menjadi model awal dari perkembangan Mazda ke tahap selanjutnya. Crossover kompak ini mengikuti peluncuran roadster sport terbaru dari Mazda, MX-5 Miata sekaligus untuk mengisi kekosongan pada keluarga SUV Mazda di bawah CX-5 yang penjualannya cukup stabil.
Masih menerapkan bahasa desain ‘KODO’ yang dinamis, crossover kompak ini menampilkan desain kap mesin dan lampu utama LED yang tajam dan bagian atap yang melandai membuatnya tampak seperti sebuah coupe.
Dengan dimensi panjang 4.275 mm dan jarak poros roda 2.750 mm, berarti ia 40 mm lebih panjang dari Nissan Juke. Dipastikan ada lebih banyak ruang untuk pengemudi maupun penumpang di belakang. Namun ia memiliki ground clearance sedikit lebih rendah dari Juke yakni 1.550 mm.
Ketiga mesin itu dapat dikombinasikan dengan dua pilihan transmisi, 6-percepatan manual dan otomatis. Di lain sisi, diperkenalkan pula teknologi penggerak semua roda dengan fitur kontrol torsi aktif pada CX-3 terbaru ini. Teknologi ini pertama kali digunakan di CX-5 yang dapat memonitor slip pada roda depan dan mentransfer tenaga dengan merata ke semua roda untuk memaksimalkan traksi. Pada suspensi dan pengendalian pun tidak luput dari pembenahan untuk meningkatkan respons mobil dan kenyamanan.
CX-3 ini juga sudah menggunakan teknologi sasis SkyActiv, dan selain menjadi lebih ringan, konstruksi ini juga sangat aman bagi pengendara. Sekitar 63 persen bagian mobil dibuat dari baja berkekuatan tinggi dan 29 persen dari baja berkekuatan sangat tinggi. Bodinya didesain untuk menyerap tenaga sebanyak mungkin saat terjadi kecelakaan. Begitu juga dengan sandaran tangan pengendara yang didesain khusus untuk mencegah cedera fatal pada pengendaranya.
Belum bisa di pastikan kapan CX-3 ini masuk ke Indonesia, namun kemungkinan mobil ini akan masuk di akhir 2015 atau di awal 2016.
sumber : http:///www.autobild.co.id
http:///www.tempo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar